Senin, 30 Januari 2017

Pengertian Sistem Operasi Server

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Displaying sistem-operasi-komputer-server.jpg
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.



Komputer server merupakan sebuah komputer yang didesign khusus baik dari segi hardware maupun dari segi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk kebutuhan akan permintaan komputer client dalam sebuah jaringan. Biasanya komputer server mempunyai tugas penting dalam jaringan komputer sebagai pengatur lalu lintas data serta penyedia resource untuk digunakan oleh komputer - komputer client.

Sistem operasi server disebut juga sistem operasi jaringan , Sistem operasi jaringan (inggrisnetwork operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan.
source : 
 http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan

DISKUSI

Menurut kalian lebih baik yang mana antara sistem operasi user dengan sistem operasi server ? Jawablah melalui kolom komentar.

Kuis
Kerjakan soal soal dibawah ini.




2 komentar:

  1. menurut saya lebih baik os server pak. karena lebih stabil

    ( anik , xi tkj 2 )

    BalasHapus
  2. bagus pakai os user pak, karena kita kan penggunaan sehari hari sebagai user biasa.

    ( setya xi tkj 1 )

    BalasHapus